457 Caleg dari 15 Parpol Berebut Kursi DPRD Kalimantan Utara, Ini ...

457 Caleg dari 15 Parpol Berebut Kursi DPRD Kalimantan Utara, Ini ...

Rabu, 18 Juli 2018, 15.59
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg
457 Caleg dari 15 Parpol Berebut Kursi DPRD Kalimantan Utara, Ini ...

457 Caleg dari 15 Parpol Berebut Kursi DPRD Kalimantan Utara, Ini Rinciannya

Ada 9 partai politik yang mengajukan calon secara lengkap berdasar alokasi kursi per daerah pemilihan

457 Caleg dari 15 Parpol Berebut Kursi DPRD Kalimantan Utara, Ini RinciannyaTribun Kaltim/M ArfanSejumlah kader partai di depan halaman Kantor KPU Kalimantan Utara, Selasa (17/8/2018) malam saat akan melakukan pendaftaran pemilihan legislatif pemilu 2019.

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Lima belas partai politik akan mengikuti kontestasi pemilihan legislatif Kalimantan Utara Tahun 2019, minum partai Garuda.

Dari 15 partai politik itu, terhimpun sebanyak 456 bakal calon leg islatif.

Ada 9 partai politik yang mengajukan calon secara lengkap berdasar alokasi kursi per daerah pemilihan. Sembilan partai politik itu ialah NasDem, PKB, Perindo, Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, PDI-P, dan Hanura.

Semua partai tersebut mengajukan 35 calon sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Kalimantan Utara.

Baca: Putusan Sela, Hakim Tolak Keberatan Pengacara Bupati Berau

Untuk memenuhi 35 kursi itu, KPU membaginya ke dalam empat daerah pemilihan (dapil). Dapil I (Tarakan) sebanyak 12 kursi, dapil II (Bulungan-Tana Tidung) 9 kursi, dapil III (Malinau) 4 kursi, dan dapil IV (Nunukan) 10 kursi.

Sedang 6 partai lainnya mengajukan calon tidak sampai 35 orang. Bahkan ada beberapa partai yang hanya mengisi calon di dua atau tiga dapil.

"Itu tidak tidak apa-apa. Tetap kita terima sebagai peserta pemilihan legislatif provinsi," kata Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami, saat disua Tribun, R abu (18/7/2018).

Semua partai politik sudah memenuhi keterwakilan perempuan, minimal 30 persen, bahkan melampaui.

"Rata-rata kita menemukan (per dapil) ada yang 33 persen, ada yang 40 bahkan sampai 50 persen. Jadi setiap dapil itu beda-beda. Intinya semua partai politik sudah memenuhi tentang keterwakilan perempuan," ujarnya.

Baca: Tolak Akuisisi oleh PGN, Serikat Pekerja Pertamina Gelar Aksi di Kilang Minyak Balikpapan.

Setelah pendaftaran ditutup Selasa (17/8/2018) pukul 24.00 Wita malam tadi, berkas bakal calon masih akan diverifikasi lebih lanjut untuk diketahui keabsahannya.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Muhammad Arfan Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di In gin Dapat Pacar hingga Duel dengan Polisi Sungguhan, Ini Kisah 5 Polisi Gadungan yang Terbongkar Sumber: Berita Kalimantan Utara

TerPopuler