Minus Partai Garuda, 15 Parpol akan Berlaga dalam Pemilihan ... | Liputan 24 Kalimantan Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Minus Partai Garuda, 15 Parpol akan Berlaga dalam Pemilihan ...

Posted by On 11:33 PM

Minus Partai Garuda, 15 Parpol akan Berlaga dalam Pemilihan ...

Minus Partai Garuda, 15 Parpol akan Berlaga dalam Pemilihan Kursi DPRD Kaltara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara menutup masa pendaftaran partai politik untuk mengikuti pemilihan calon legislatif

Minus Partai Garuda, 15 Parpol akan Berlaga dalam Pemilihan Kursi DPRD KaltaraTribun Kaltim/M ArfanJejeran bendera partai politik peserta pemilu 2019 di depan kantor KPU Kalimantan Utara, diabadikan Selasa (17/7/2018).

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara menutup masa pendaftaran partai politik untuk mengikuti pemilihan calon legislatif Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2019, S elasa pukul 24.00 Wita.

Dari 16 partai politik peserta pemilu 2019 secara nasional, kontestasi pemilihan calon legislatif Kalimantan Utara hanya akan diikuti 15 partai politik, minus Partai Garuda.

"Dari masa pendaftaran tanggal 4-17 Juni, KPU Kalimantan Utara hanya menerima 15 partai politik. Satu partai tidak datang hingga berakhirnya proses pendaftaran," kata Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami kepada Tribun, Rabu (18/7/2018).

Baca: Partai Garuda dan PKPI Input Data di KPU Kaltim Hingga Tengah Malam

Tidak hadirnya Partai Garuda sampai batas akhir pendaftaran membawa konsekuensi partai tersebut tidak mengikuti pemilihan legislatif Kalimantan Utara.

Dipastikan pula Partai Garuda tidak akan memiliki wakil di kursi DPRD Kalimantan Utara.

Belum diketahui secara pasti alasan partai itu tidak ikut mendaftarkan diri dalam pencalonan legislatif.

"Sampai sejauh ini, kamo mendapatkan informasi dari s umber di luar bahwa terdapat perubahan kepengurusan. Walaupun kami belum mendapatkan dokumen resmi dari partai politik itu. Dan kami juga belum ada ketemu dengan pengurus barunya," kata Suryanata.

Baca: Ditangkap KPK, Ternyata Segini Harta Milik Bupati Labuhanbatu, Termasuk Emas dan Tanah

Adapun 15 partai politik yang mendaftar di KPU Kalimantan Utara ialah NasDem, PKPI, PKB, PKS, PPP, Golkar, Perindo, Demokrat, PBB, Berkarya, Gerindra, PDI-P, PAN, PSI, dan Hanura.

Pasca penutupan pendaftaran, KPU akan melanjutkan proses verifikasi dokumen secara menyeluruh untuk menilai keabsaham syarat pencalonan dan syarat calon.

"Jika ada kekurangan atau hal-hal yang perlu diperbaiki kami akan serahkan ke partai politik berdasarkan jadwal tahapan. Tanggal 19-21 Juli adalah tahapan penyampaian hasil verifikasi kami kepada masing-masing partai politik. Tanggal 22-31 Juli partai pokitik itu melakukan perbaikan ke KPU Kalimantan Utara," seb utnya.

Baca: Fahri Hamzah tak Daftar Caleg, Netizen Doakan jadi Menkumham

Perlu diketahui, di DPRD Kalimantan Utara akan diperebutkan sebanyak 35 kursi. Untuk memenuhi itu, penyelenggara membaginya ke dalam empat daerah pemilihan (dapil). Dapil I (Tarakan) sebanyak 12 kursi, dapil II (Bulungan-Tana Tidung) 9 kursi, dapil III (Malinau) 4 kursi, dan dapil IV (Nunukan) 10 kursi.

Penulis: Muhammad Arfan Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Dua WNI Diculik dan Dimintai Tebusan Rp1,6 Miliar oleh 9 Pria di Malaysia Sumber: Berita Kalimantan Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »