LPDB Siapkan Dana Bergulir Rp 100 M untuk UMKM di Kalimantan ... | Liputan 24 Kalimantan Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

LPDB Siapkan Dana Bergulir Rp 100 M untuk UMKM di Kalimantan ...

Posted by On 10:43 AM

LPDB Siapkan Dana Bergulir Rp 100 M untuk UMKM di Kalimantan ...

detikFinance / Berita Ekonomi Bisnis / Detail Berita Follow detikFinance Sabtu, 25 Agu 2018 14:00 WIB LPDB Siapkan Dana Bergulir Rp 100 M untuk UMKM di Kalimantan Utara Mega Putra Ratya - detikFinance Dirut LPDB-KUMKM Braman Setyo (batik hitam) dan Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltara Hartono (batik putih)/Foto:    Dok LPDBDirut LPDB-KUMKM Braman Setyo (batik hitam) dan Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltara Hartono (batik putih)/Foto: Dok LPDB Jakarta - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB -KUMKM) menyiapkan dana bergulir Rp 100 miliar untuk pelaku UMKM di Provinsi Kalimatan Utara. LPDB mengajak lembaga-lembaga perantara (perbankan dan lembaga penjamin) di provinsi paling muda ini untuk menyalurkannya.
"Nanti dana Rp 100 miliar ini dialokasikan ke lembaga-lembaga perantara itu. Nah, lembaga-lembaga perantara ini lalu menyalurkannya ke pelaku KUMKM," kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo dalam keterangannya, Sabtu (25/8/2018).
Braman mengemukakan hal tersebut usai acara sosialisasi dana bergulir di Tanjung Selor, Kalimant an Utara, Kamis (23/8). Kegiatan ini hasil kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara. Hadir dalam sosialisasi ini para mitra, perbankan, lembaga penjamin, dan para pelaku KUMKM.
Menurut Braman, dialokasikannya dana bergulir tersebut kepada lembaga perantara untuk memudahkan para pelaku KUMKM. Karena sebelumnya, para pelaku usaha ini yang mendatangi LPDB-KUMKM di Jakarta, bukan melalui lembaga perantara.
"Saya tidak mau ini terjadi lagi. Saya ingin para pelaku KUMKM ini mengajukan pinjaman ke LPDB dengan menggunakan pola satu yaitu ke Dinas Koperasi atau pola kedua yaitu ke lembaga penjamin. Dua pola ini akan menghemat biaya. Kalaupun ada persyaratan yang kurang kan tinggal dibenahi di sini, di Bulungan," katanya.
Pihaknya berharap, seminggu setelah pertemuan ini, para lembaga perantara kembali bertemu dengan LPDB-KUMKM di Jakarta. Tujuannya, agar bisa diketahui berapa dana yang akan dialokasikan dan untung ruginya jika ikut bermitra.
"Tapi LPDB juga tidak bisa memaksa apakah lembaga perantara ini mau bermitra dengan LPDB," katanya.
Selama 3 tahun terakhir ini diakui Braman baru Rp 17 miliar dana bergulir tersalurkan di sini. Tahun ini diharapkan naik menjadi Rp 100 miliar karena atas permintaan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.
"Ini menjadi bentuk keseriusan LPDB mengingat masih ada dana bergulir lebih dari 1 triliun yang belum terpakai. Jumlah ini cukup besar. Karenanya, perlu disalurkan kepada provinsi yang masih sedikit menerima dana bergulir," kata Braman.
Dengan adanya dukungan dana yang nilainya Rp 100 miliar, diharapkan bisa semakin memajukan KUMKM di Kaltara. Para pelaku KUMKM ini memang perlu dorongan melalui pinjaman permodalan.
"Kita lihat nantinya, dalam pengalokasiannya bagaimana. Kalau memang bagus dan berkembang, tahun depan bisa ditambah," kata Braman.
Teknisnya, kata Braman, nanti UMKM dan koperasi ya ng bakal menerima akan diseleksi oleh Disperindagkop-UMKM bersama tim yang dibentuk. Sementara yang di kabupaten/kota, melalui Disperindagkop masing-masing.
"Penyaluran dana ini merupakan program Kementerian Koperasi dan UKM, dulu disalurkan langsung dari kementerian. Tapi sekarang sudah ada LPDB maka lewat LPDB. Karena kita belum punya struktur di daerah, maka kita bekerja sama dengan Dinas Koperasi di daerah," lanjutnya.
Mengenai besaran pinjaman modal yang bisa diberikan, kata Braman, bervariasi. Tergantung dari jenis dan kapasitas usaha. Bisa puluhan juta hingga maksimal Rp 10 miliar. Teknisnya nanti Dinas Koperasi yang menyeleksi.
Bunga yang dikenakan, tambahnya, sangat kecil. Yaitu hanya 4,5 persen per tahun. Dan berupa bunga menurun.
"Tapi kalau lewat bank atau lembaga penyalur seperti BPR atau bank daerah, mungkin bisa lebih sedikit. Bisa sampai 9 persen hingga 12 persen per tahun. Karena kan ada biaya-biaya di mereka," papar Braman.
Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltara Hartono menambahkan, untuk menyeleksi UMKM dan koperasi yang bisa mendapatkan bantuan dalam bentuk pinjaman melalui program dana bergulir ini, nanti pihaknya bersama Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk, akan melakukan seleksi dan juga verifikasi.
"Di Kaltara ada sekitar 20 ribuan pelaku UMKM. Tidak mungkin semuanya bisa terakomodir, sehingga perlu ada seleksi, verifikasi. Nanti kita bentuk Pokja," kata Hartono.
Menurutnya, besaran dana bergulir Rp 100 miliar itu sesungguhnya masih kurang. Terlebih ia melihat para pelaku UMKM dan koperasi selama ini selalu patuh membayar cicilan. Tak sedikit, pelaku usaha yang sama mengajukan kembali pinjaman.
"Dana bergulir Rp 100 miliar itu pasti tersalurkan semua. Tapi lihat saja nanti kalau perkembangannya bagus, bisa minta tambah lagi dananya ke LPDB," ujarnya.
Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Syaiful Herman yang membuka secara resmi sosial isasi itu mengaku bagaikan mendapatkan durian runtuh LPDB-KUMKM akan menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 100 miliar.
"Ini seperti ketiban rejeki dapat uang 100 miliar rupiah. Bunga juga kecil yang di bawah 7 persen. Kalau di perbankan bisa sampai 13 persen. Sehingga akan sangat meringankan bagi para pelaku usaha yang mendapatkan dana bergulir," ujarnya.
Ia pun berharap dengan dana bergulir ini usaha semakin berkembang. Namun harus dibarengi dengan manajemen keuangan.
"Jangan ditulis di kertas rokok. Yang ada catatannya jadi hilang karena dibuang," paparnya.
Tak lupa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM, utamanya LPDB-KUMKM atas dukungan pendanaan ini. Harapannya, nanti bisa meningkatkan para pelaku usaha di Kaltara. Dan pada akhirnya bisa menumbuhkan ekonomi para pelaku usaha.
Menurutnya, keberadaan koperasi dan UMKM sebagai salah satu pendongkrak pertumbuhan ekonomi, menjadi perhatian serius Pemprov Kalta ra. Karenanya, dukungan modal usaha, melalui dana bergulir sangat berarti. (ega/hns) Berita Terkait

  • 12 Tahun Beroperasi, LPDB Sudah Salurkan Dana Bergulir Rp 8,5 T
  • Kisah Sukses Mitra LPDB Pasarkan Jamu ke Mancanegara
  • Kemenkop UKM Cabut 3 Syarat Memberatkan Pinjam Dana ke LPDB
  • 50.000 Koperasi Dibubarkan, Menkop: PDB Koperasi Meningkat
  • Gubernur BI Ikhlaskan Kartu Kredit ke Isteri Buat Belanja Kain
  • Bareng Gubernur BI, Ibu Negara Buka Pameran Karya Kreatif RI
  • TMJ akan Akomodir UMKM di Rest Area Tol Semarang-Solo
  • 7 Produk Kerajinan RI Ikut Lomba di Jepang, Apa Saja?
Baca Juga detikNews Usai Tonton Asian Games, Sandi Ngopi Bareng Warga di Kemayoran

Usai Tonton Asian Games, Sandi Ngopi Bareng Warga di Kemayoran

detikNews Mahasiswa ITS Rancang Alat Sangrai Kacang Otomatis untuk UMKM

Mahasiswa ITS Rancang Alat Sangrai Kacang Otomatis untuk UMKM

detikNews Wirausaha Sosial dan Ikhtiar Ekonomi Rakyat

Wirausaha Sosial dan Ikhtiar Ekonomi Rakyat

detikInet Tinggalkan Cara Lama, Kini Ada UKM Online

Tinggalkan Cara Lama, Kini Ada UKM Online

detikInet Google Gembleng Sejuta UKM Indonesia

Google Gembleng Sejuta UKM Indonesia

detikSport Sambut Asian Games 2018, Pesta Rakyat UKM Bakal Digelar

Sambut Asian Games 2018, Pesta Rakyat UKM Bakal Digelar

detikNews Kemendes Gelar Pameran UMKM

Kemendes Gelar Pameran UMKM

detikNews Drum Bekas Disulap Jadi Tong Sampah Cantik

Drum Bekas Disulap Jadi Tong Sampah Cantik

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com News Feed
  • Seru! Jajal Ker   eta MRT Jakarta dari Melayang hingga Bawah Tanah Foto Bisnis

    Seru! Jajal Kereta MRT Jakarta dari Melayang hingga Bawah Tanah

    Sabtu, 25 Agu 2018 22:30 WIB Kereta MRT Jakarta telah melaksanakan uji coba persinyalan di sepanjang jalur layang dan bawah tanah. Intip kerennya proses uji coba tersebut!
  • Penyalur BBM Satu Harga Tersebar di 64 Titik hingga Juni

    Penyalur BBM Satu Harga Tersebar di 64 Titik hingga Juni

    Sabtu, 25 Agu 2018 22:15 WIB Jumlah penyalur BBM satu harga bertambah menjadi 64 titik dari Sumatera sampai Papua hingga semester I-2018.
  • Proyek Tol Trans Sumatera Terus Dikebut, Ini Penampakannya Foto Bisnis

    Proyek Tol Trans Sumatera Terus Dikebut, Ini Penampakannya

    Sabtu, 25 Agu 2018 21:20 WIB Proyek tol Trans Sumatera sedang berjalan. Pada 2019 nanti sepanjang 645 km tol Trans Sumatera ditargetkan rampung. Intip yuk proyeknya.
  • Menaker Targetkan Indonesia Juara Umum ASEAN Skills Competition

    Menaker Targetkan Indonesia Juara Umum ASEAN Skills Competition

    Sabtu, 25 Agu 2018 21:10 WIB ASC adalah kompetisi rutin yang diselenggarakan dua tahun sekali untuk mempromosikan perkembangan keterampilan pekerja muda dari negara ASEAN.
  • Sri Mulyani vs Zulkifli soal Utang, Ekonom: Perlu Dialog Terbuka

    Sri Mulyani vs Zulkifli soal Utang, Ekonom: Perlu Dialog Terbuka

    Sabtu, 25 Agu 2018 20:43 WIB Ekonom INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menyarankan agar Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua MPR Zulkifli Hasan dialog terbuka soal utang.
  • Pasokan Listrik Terus Digenjot, Ini Progresnya

    Pasokan Listrik Terus Digenjot, Ini Progresnya

    Sabtu, 25 Agu 2018 20:05 WIB Pemerintah memacu rasio elektrifikasi agar seluruh wilayah di Indonesia teraliri listrik 100%. Sementara hingga semester I 2018 totalnya sudah 97,13%.
  • Kerja Keras, Orang-orang Ini Kaya Raya dalam Waktu Singkat Foto Bisnis

    Kerja Keras, Orang-orang Ini Kaya Raya dalam Waktu Singkat

    Sabtu, 25 Agu 2018 19:28 WIB Pengusaha dengan aset miliaran dolar AS ini meraih kekayaan hanya dalam waktu yang tak terlalu lama. Siapa saja mereka?
  • AS Diprediksi Naikkan Suku Bunga di September dan Desember 2018

    AS Diprediksi Naikkan Suku Bunga di September dan Des ember 2018

    Sabtu, 25 Agu 2018 18:53 WIB Federal Reserve atau Bank Sentral diprediksi akan menaikkan suku bungan acuan pada September dan Desember 2018.
  • Kementan Beri Bantuan Pengendalian Lalat Buah untuk Petani Salak

    Kementan Beri Bantuan Pengendalian Lalat Buah untuk Petani Salak

    Sabtu, 25 Agu 2018 18:15 WIB Daerah sentra produksi salak antara lain di Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali dan Sumatera Utara.
  • Krisis Ekonomi, Toko-toko di Venezuela Tutup Foto Bisnis

    Krisis Ekonomi, Toko-toko d i Venezuela Tutup

    Sabtu, 25 Agu 2018 18:00 WIB Krisis ekonomi di Venezuela sangat memprihatinkan. Kondisi tersebut membawa dampak minimnya pasokan barang untuk memenuhi kebutuhan.
  • Rupiah Diprediksi Makin Keok Jika AS Jadi Naikkan Suku Bunga

    Rupiah Diprediksi Makin Keok Jika AS Jadi Naikkan Suku Bunga

    Sabtu, 25 Agu 2018 17:25 WIB Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) akan menaikkan suku bunga. Kebijakan ini diprediksi membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS makin lemah.
  • Dahsyat, Susi Tenggelamkan 488 Kapal Maling Ikan Foto Bisnis

    Dahsyat, Susi Tenggelamkan 488 Kapal Maling Ikan

    Sabtu, 25 Agu 2018 17:00 WIB Menteri Susi Pudjiastuti selama 4 tahun terakhir pemerintahan Presiden Jokowi berhasil menenggelamkan 488 kapal maling Ikan. Berikut penampakan kapalnya.
BERITA TERBARU +
  • Seru! Jajal Kereta MRT Jakarta dari Melayang hingga Bawah Tanah

    Seru! Jajal Kereta MRT Jakarta dari Melayang hingga Bawah Tanah Sabtu, 25 Agu 2018 22:30 WIB

  • Penyalur BBM Satu Harga Tersebar di 64 Titik hingga Juni Sabtu, 25 Agu 2018 22:15 WIB

  • Proyek Tol Trans Sumatera Terus Dikebut, Ini Penampakannya

    Proyek Tol Trans Sumatera Terus Dikebut, Ini Penampakannya Sabtu, 25 Agu 2018 21:20 WIB

  • Menaker Targetkan Indonesia Juara Umum ASEAN Skills Competition

    Menaker Targetkan Indonesia Juar a Umum ASEAN Skills Competition Sabtu, 25 Agu 2018 21:10 WIB

Most
Popular Most
Popular Sumber: Berita Kalimantan Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »