Misi Rahasia Benny di Kalimantan Utara, 1 Orang Ditahan, Pasukan ... | Liputan 24 Kalimantan Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Misi Rahasia Benny di Kalimantan Utara, 1 Orang Ditahan, Pasukan ...

Posted by On 12:09 AM

Misi Rahasia Benny di Kalimantan Utara, 1 Orang Ditahan, Pasukan ...

Misi Rahasia Benny di Kalimantan Utara, 1 Orang Ditahan, Pasukan Elite Inggris Kabur

Benny yang berangkat langsung dari Cijantung hanya membawa tim kecil. Karena misi rahasia, setibanya di Kalimantan Utara ...

Misi Rahasia Benny di Kalimantan Utara, 1 Orang Ditahan, Pasukan Elite Inggris KaburKopassus Inside Indonesia's Special ForcePrajurit RPKAD (Sekarang Kopassus) yang diturunkan untuk Operasi Dwikora Ganyang Malaysia

TRIBUNJAMBI.COM - Belantara hutan Kalimantan Utara menjadi saksi "kenekatan" pasukan khusus Indonesia saat membela negara. Para Komando Angkatan Darat (RPKAD, sekarang Kopassus; red) melakukan misi pengamanan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Ini merupakan kisah misi rahasia pasukan khusus Indonesia melawan pasukan khusus asing, pada 1960-an.

Seperti dituliskan di intisari online, pada 1961-1966, meletus konfrontasi Indonesia dan Malaysia. Saat itu, Presiden Soekarno mengumandangkan untuk bertempur, di depan rapat raksasa di Jakarta pada 3 Mei 1964 dan mengumumkan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora).

Poin pertama Dwikora, pertinggi ketahanan revolusi Indonesia. Kedua, bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Serawak dan Sabah untuk menghancurkan Malaysia.

Komando tempur Dwikora dipercayakan kepada Panglima Angkatan Udara, Laksamana Madya Omar Dhani, yang menjabat sebagai Panglima Komando Siaga (KOGA). tugas yang dibebankan kepada KOGA adalah mempersiapkan operasi militer terhadap Malaysia.

Baca: Sapi Kabur Hingga Masuk Dapur Melalui Atap, Rumah Hingga Berantakan

Baca: Ketika Paskal Malaysia Kalah Pamor dengan Kopaska Indonesia, Ada yang Tak Lulus Se kolah

Baca: Badan Lettu Iwan Oleng Namun Nyangkut Tali Pengaman, 3 Prajurit Kopassus ke Puncak Everest

Sebagai Panglima KOGA, Omar Dhani bertanggung jawab langsung kepada Panglima Tertinggi ABRI/KOTI, Presiden Soekarno.

Tapi, sebelum KOGA dibentuk aksi penyusupan yang dilancarkan oleh sukarelawan Indonesia sudah berlangsung cukup lama.

Penyusupan

Operasi penyusupan yang digelar Indonesia ke wilayah perbatasan Malaysia sesungguhnya merupakan operasi yang berbahaya karena musuh yang dihadapi merupakan pasukan reguler terlatih dan berpengalaman di berbagai medan perang.

Militer Malaysia yang didukung Inggris dan negara-negara persemakmuran, seperti Selandia baru serta Australia tidak bisa dihadapi oleh pasukan gerilya yang menyamar dan mengunakan persenjataan terbatas.

Halaman selanjutnya 1234
Editor: duanto Ikuti kami di Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terima Rp50 Juta Per Minggu, Terkuak Alur dari Calo ke Pejabat Sumber: Berita Kalimantan Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »