BMKG: Dampak Gempa 7,4 M di Donggala Terasa Hingga ... | Liputan 24 Kalimantan Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BMKG: Dampak Gempa 7,4 M di Donggala Terasa Hingga ...

Posted by On 3:41 PM

BMKG: Dampak Gempa 7,4 M di Donggala Terasa Hingga ...

Situasi Tsunami dekat pelabuhan Palu

Situasi Tsunami dekat pelabuhan Palu (Foto: Dok Istimewa )
Gempa dengan kekuatan 7,4 magnitudo yang terjadi di Kabupaten Donggala pada pukul 18.02 WITA tidak hanya terasa di Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat getaran gempa tersebut terasa hingga di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, dampak gempa di Kaltim dan Kaltara itu memiliki skala MMI (Modified Mercalli Intensity) II hingga III. Skala tersebut artinya gempa dirasakan dan membuat benda-benda bergoyang. "(Gempa) bahkan juga dirasakan di Kaltim dan Kaltara intensitas MMI mencapai II hingga III," ujar Dwikorita saat konferensi pers di Yogy akarta, Jumat (28/9). Dwikorita menyebut, getaran gempa paling terasa atau skala V MMI terjadi di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Berdasarkan penjelasan BMKG di situsnya, skala V MMI artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang, dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti. "Dampak gempa bumi dirasakan di Toli-toli dengan intensitas MMI V artinya getaran dirasakan dan juga terjadi jendela pintu berderik, pintu berbunyi," ucapnya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto: Sayid Muhammad Mulki Razqa)
Sementara itu di Donggala dan Poso, getaran gempa mencapai skala IV MMI. Getaran dengan skala III hingga IV MMI juga terasa di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Poso, Sulteng."Getaran juga dirasakan di Majene (Sulawesi Barat) dengan guncangan (skala MMI) III. Di Makassar, Gowa dan Toraja (Sulawesi Selatan) getaran MMI skala II. Kendari, Kolaka, Konawe Utara (Sulteng), Bone dan Sengkang (Sulsel) intensitas II dan III MMI," jelas Dwikorita.

Baca Juga :

  • Kepala BMKG: Tsunami di Palu Setinggi 1,5-2 Meter
  • Warga: Kota Palu Lumpuh, Komunikasi Sulit dan Listrik Mati
  • BNPB: Lantai 4 Tower ATC Bandara di Palu Alami Kerusakan
Hingga saat ini, dampak gempa itu mengakibatkan 1 orang meninggal, 9 orang luka-luka, dan puluhan rumah rusak. "Kami himbau masyarakat tetap tenang meskipun gempa susulan masih akan terjadi," ucapnya. Diketahui gempa tersebut juga mengakibatkan terjadinya tsunami di Palu setinggi 1,5 meter dan di Mamuju setinggi 6 cm.Sumber: Berita Kalimantan Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »