GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Jelang Rapat Persiapan Pengadaan CPNS, Gubernur Kaltara ...

Jelang Rapat Persiapan Pengadaan CPNS, Gubernur Kaltara ...

Jelang Rapat Persiapan Pengadaan CPNS, Gubernur Kaltara Optimistis Dapat Formasi Soal tempat tes tidak ada masalah. Kita ada laboratorium CAT (computer assisted test). …

Jelang Rapat Persiapan Pengadaan CPNS, Gubernur Kaltara ...

Jelang Rapat Persiapan Pengadaan CPNS, Gubernur Kaltara Optimistis Dapat Formasi

Soal tempat tes tidak ada masalah. Kita ada laboratorium CAT (computer assisted test). Ada 100 komputer di dalamnya

Jelang Rapat Persiapan Pengadaan CPNS, Gubernur Kaltara Optimistis Dapat FormasiISTIMEWAIrianto Lambrie, Gubernur Kalimantan Utara memberi keterangan kepada awak media di gubernuran, Selasa (4/9/2018).

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TANJUNG SELOR - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengundang Sekretaris Daerah sejumlah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia membicarakan rincian penetapan kebutuhan (formasi) Pegawai Negeri Sipil (PNS) da n persiapan pengadaan CPNS tahun 2018, pada Kamis 6 September pekan ini.

Di Kaltara, empat Kabupaten turut diundang Kemenpan RB bersama Pemprov Kalimantan Utara. Masing-masing Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung.

Baca: Kantor PU Sintang Digeledah Dirkrimsus Polda, Sekda Akui Belum Terima Surat Resmi

"Kota Tarakan tidak diundang. Mungkin karena tidak mengusulkan, atau mengusulkan tetapi ada pertimbangan lain dari Kemenpan RB," kata Irianto kepada Tribunkaltim.co, saat disua di gubernuran, Selasa (4/9/2018).

Kemenpan RB kata Irianto tentu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menyetujui usulan formasi CPNS Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Indikatornya berupa kapasitas fiskal, porsi belanja pegawai, dan lainnya.

"Kalau tidak memenuhi syarat tentu tidak diberi formasi. Misalnya kalau belanja pegawainya terlalu tinggi, bisa jadi tidak diberi karena anggaran bakal banyak habis di belanja pegawai. Kegiatan pembangunan tidak ada," katanya.

Baca: Perwira Polisi Jadi Korban Jambret Saat Naik Bajaj

Pemprov Kalimantan Utara sebelumnya mengusulkan 1.770 formasi. Namun baru diberikan 500 formasi yang yang kemudian diseleksi tahun 2017 kemarin.

"Jadi masih ada sisa 1.200. Tahun ini barapa kita dikasih formasi, kita belum tahu. Kita tunggu penetapannya. Karena pemerintah akan melihat kapasitas APBN," sebutnya.

Kepala Biro Kepegawaian Daerah Kalimantan Utara Muhammad Ishak sebelumnya mengatakan, belanja pegawai Kalimantan Utara masih di bawah 50 persen. Berada di posisi antara 25-26 persen saat ini. Jika diberi kuota CPNS 500 orang lebih Pemprov Kalimantan Utara masih bisa membiayai kebutuhannya nanti.

"Kebutuhan itu seperti mebeler di tempat kerjanya, dan biaya lainnya. Dan salah satu syarat utama bisa diberi kouta pengadaan CPNS adalah daerah yang belanja pegawainya di bawah 50 pe rsen," katanya.

Baca: Kasus Videonya Diungkit, Cut Tari Tampil Cantik di Closing Ceremony Asian Games 2018

Kalau pun sewaktu-waktu Kementerian PAN RB menetapkan formasi, Pemprov Kalimantan Utara sudah siap melaksanakan tahapannya. BKD sudah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 1 miliar lebih.

"Kalau ditotal hampir Rp 2 miliar. Soal tempat tes tidak ada masalah. Kita ada laboratorium CAT (computer assisted test). Ada 100 komputer di dalamnya," kata Ishak.

Perlu diketahui, Pemprov Kalimantan Utara mengusulkan 1.770 formasi CPNS Kementerian PAN RB. Jenis formasi yang banyak diusul ialah guru dan tenaga kesehatan. Termasuk formasi pendukung infrastruktur seperti bidang energi dan sumber daya mineral, pekerjaan umum, serta perhubungan.

Formasi lain yang diusulkan adalah formasi yang tidak sempat terisi dari seleksi tahun sebelumnya seperti dokter spesialis, analis pengaduan masyarakat, analis penyidikan, analis permasalaha n hukum, pengelola data pelayanan perpajakan, dan pengelolaan keuangan.

Editor: Jamadin Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Bintara Polisi Tewas Dianiaya 2 Senior di Barak Dalmas Berikut Kronologinya Sumber: Berita Kalimantan Utara

No comments