KPU Kaltara Sudah Tentukan Regulasi dan Titik Lokasi ... | Liputan 24 Kalimantan Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

KPU Kaltara Sudah Tentukan Regulasi dan Titik Lokasi ...

Posted by On 5:03 AM

KPU Kaltara Sudah Tentukan Regulasi dan Titik Lokasi ...

Pileg 2019

KPU Kaltara Sudah Tentukan Regulasi dan Titik Lokasi Pemasangan APK

Pemasangan alat peraga kampanye (APK) pemilu 2019 memiliki aturan main lokasi pemasangannya.

KPU Kaltara Sudah Tentukan Regulasi dan Titik Lokasi Pemasangan APKIstimewaSejumlah algaka di Kantor KPU Kalimantan Utara saat pilkada 2015 lalu sebelum diedarkan ke daerah.

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pemasangan alat peraga kampanye (APK) pemilu 2019 memiliki aturan main lokasi pemasangannya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan batasan-batasan dan aturan-aturan tertentu.

Tempat- tempat yang dilarang memasang APK ialah tempat ibadah beserta halamannya, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, dan lembaga pendidikan (gedung sekolah).

Dari hasil koordinasi dengan Pemkab/Pemkot, KPU Kalimantan Utara kemudian menerbitkan Keputusan KPU Kalimantan Utara Nomor 55/HK.03.1-Kpt/65/KPT/Prov/IX/2018 tentang Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu Tahun 2019.

Baca: Satu Parpol Terancam tak Bisa Kamapanye di Balikpapan

Pemasangan APK hanya boleh dilakukan di tempat-tempat yang telah dicantumkan dalam Keputusan KPU Kalimantan Utara tersebut.

Di Kota Tarakan ada 11 lokasi pemasangan dari 5 kecamatan antara lain Taman Berkampung dan Tikungan Universitas Borneo. Di Bulungan tepatnya di Kecamatan Tanjung Selor seperti di Pasar Induk Bulungan, Pelabuhan Speedboat Jalan Sabanar Lama.

Salah satu diktum Keputusan KPU itu menjelaskan bahwa, lokasi pemasangan APK dapat dilakukan di seluruh wilayah Kalimantan Utara sepanjang tidak dilarang dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 sebagaimana diubah dengan PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu Tahun 2019, Perda Kalimantan Utara dan Perda Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara dibuktikan dengan surat izin dari lembaga yang berwenang.

"Artinya di luar lokasi yang sudah ditentukan KPU, peserta pemilu boleh memasang di titik lokasi lain asalkan tidak bertentangan dengan aturan PKPU dan Perda daerah setempat. Dan itu harus dibuktikan dengan surat izin pemasangan dari instansi terkait di daerah," sebut Chairullizza, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kalimantan Utara, Rabu (26/9/2018).

Baca: Tahapan Kampanye, KPU Balikpapan Batasi APK Parpol di Pemilu 2019

Adapun bahan kampanye khusus stiker, KPU melarangnya ditempel di tempat ibadah dan pekarangan, tempat pelayanan kesehatan, fasilitas milik pemerintah, sekolah, jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik, s erta taman atau pepohonan.

Terhadap desain dan materi bahan kampanye seperti selebaran, brosur, pamflet, poster, stiker, pakaian, penutup kepala, alat minum/makan, kalender, kartu nama, pin, dan alat tulis paling sedikit memuat visi dan misi serta program peserta pemilu. Bahannya dianjurkan mengutamakan bahan yang dapat didaur ulang.

Penulis: Muhammad Arfan Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi Sumber: Berita Kalimantan Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »