Soal Banjir, Tanjung Selor Perlu Folder-folder Air | Liputan 24 Kalimantan Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Soal Banjir, Tanjung Selor Perlu Folder-folder Air

Posted by On 6:05 AM

Soal Banjir, Tanjung Selor Perlu Folder-folder Air

Soal Banjir, Tanjung Selor Perlu Folder-folder Air

Beberapa kawasan permukiman penduduk konturnya tanahnya sama tinggi dengan permukaan air di sungai

Soal Banjir, Tanjung Selor Perlu Folder-folder AirTribun Kaltim/wilAir yang menggenangi Jalan Katamso, Rabu (24/5/2017). Di seberang jalan, terlihat Sungai Kayan. Antara sungai dan Jalan Katamso hanya dibatasi siring dan Taman Sungai Kayan.

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Sebagai kota yang berada di tepi perairan, Tanjung Selor sudah menjadi langganan banjir. Setiap tahun ada saja genangan air yang masuk ke permukiman warga karena pertemuan hujan dengan pasang air Sungai Kayan.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Perkim Kalimantan Utara Saifullah Djamal menjelaskan, jajaran Dinas PUPR Provinsi termasuk Satuan Kerja dan Dinas PU Kabupaten terus mencari cara agar genangan pada permukiman warga bisa diminimalisir saat turun hujan atau sedang pasang.

Beberapa kawasan permukiman penduduk konturnya tanahnya sama tinggi dengan permukaan air di sungai sehingga sedikit ada tambahan debit air baik dari hujan maupun pasang, akan timbul genangan.

"Jadinya beberapa kawasan airnya tidak bisa mengalir ke sungai karena ketinggian sama dengan air sungai. Secara teoritis air itu akan mengalir ke tempat rendah," kata Saifullah saat disua Tribunkaltim.co, Rabu (5/9/2018).

Baca: Caleg PDIP Sebut Pertamina Bakal Jamin Ketersediaan Elpiji 3 Kg di Kaltara

Ada opsi membangun folder-folder atau tampungan sementara.

Namun infrastruktur itu harus dikaji secara teknis dan anggara n secara mendalam.

"Selain itu kita juga sedang mencari solusi ketika terjadi pasang surut, air tidak sampai masuk ke drainase kota," sebutnya.

Penanganan banjir di Tanjung Selor lanjutnya memang membutuhkan koordinasi yang kuat antar pemerintah, termasuk masyarakat. Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan dalam pencegahan banjir misal tidak membuang sampai sembarangan.

Dinas PUPR Kalimantan Utara lanjutnya juga sedang merevitalisasi sejumlah gorong-gorong di dalam kota seperti di Jalan Kolonel Soetadji. Pemkab Bulungan juga sudah mengganti sejumlah gorong-gorong di jalan-jalan penghubung dalam kota.

"Tetapi itu masih harus ditingkatkan atau diperbanyak," sebutnya. (Wil)

Editor: Eko Sutriyanto Ikut i kami di Bintara Polisi Dianiaya Dua Seniornya hingga Tewas di Sultra, Terungkap Motif Pelaku Sumber: Berita Kalimantan Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »